STRATEGI

Sasaran strategik Program Studi S1 Manajemen merupakan penjabaran dari visi, misi dan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Sasaran strategik ini memberikan gambaran tentang pencapaian 20 (dua puluh) tahun ke depan yang dialokasikan dalam 4 (empat) periode melalui serangkaian kegiatan. Serangkaian kegiatan ini akan dijabarkan lebih lanjut dalam suatu Rencana Kinerja (performance plan). Penetapan sasaran strategik dalam renstra diperlukan untuk memberikan fokus pada penyusunan kegiatan dan alokasi sumber daya organisasi, yang akan dianggarkan dalam suatu kegiatan atau operasionalisasi tiap tahun anggaran. Hal ini tercermin pada roadmap visi Program Studi S1 Manajemen.

Prodi S1 Manajemen mengidentifikasi 2 isu strategis yang krusial:

  1. Memberikan layanan yang prima kepada mahasiswa sehingga terwujud kepuasaan mahasiswa.
  2. Meningkatkan kualitas mahasiswa untuk menghasilkan lulusan tepat waktu dan sesuai kebutuhan stakeholders.

Untuk menjawab isu strategis yang pertama, dilakukan dengan:

  1. Kerjasama yang baik antar dosen
  2. Meningkatkan kualitas dosen ”upgrade” diri (mau terus belajar dan berwawasan luas/terbuka), studi lanjut, kenaikan JFD, Serdos, penelitian, PKM, publikasi
  3. Suasana akademik yang kondusif/menyenangkan tetapi serius.
  4. Meningkatkan fasilitas dengan memperbanyak referensi di perpustakaan

Untuk menjawab isu strategis yang kedua, dilakukan dengan:

  1. Menjalin kerjasama dengan berbagai instansi luar negeri (misalnya: Ming Chi University, UiTM, NUS) dan institusi dalam negeri (misalnya: Bank Riau Kepri,  Pegadaian, Pertamina rokan hulu, Bumi Siak Pusako, dan lain-lain) dan instansi pemerintah, asosiasi profesi dan lain-lain)
  2. Membangun mekanisme penelusuran alumni secara efektif melalui pemanfaatan ikatan alumni.
  3. Mengembangkan galeri investasi, tax center, EFEC (English Fun Economic Club), humandala (Himpunan Mahasiswa Pecinta Lingkungan), LPII (Lembaga Pengkajian Ilmiah dan Informasi), PKIM (badan kerohanian Islam Mahasiswa), KSEI (Kajian Studi Ekonomi Islam) yang menjadi wadah bagi interaksi antar mahasiswa, dosen, dan profesional/pelaku bisnis.

Strategi untuk mencapai tujuan Target Program Studi S1 Manajemen adalah sebagai berikut:

  1. Kata kunci bagi keberhasilan Program Studi S1 Manajemen diawali dengan pemberian pelayanan yang prima. Pelayanan prima hanya akan dapat dilakukan jika aspek administratif dan tata kelola Program Studi Manajemen telah mendukung.
  2. Memberikan pelayanan prima yang berlaku kepada seluruh stakeholders Prodi Manajemen. Untuk itu diperlukan ketersediaan dosen yang berkualitas dan kompeten yang mampu mewujudkan pelayanan prima dalam segala lini pelayanan Program Studi.
  3. Setelah kualitas dosen dikembangkan, hal yang tidak boleh diabaikan adalah kualitas mahasiswa. Kesenjangan antara kebutuhan atas penyelenggaraan pendidikan yang baik di atas program studi, tidak dapat dilepaskan dengan kualitas mahasiswa yang harus ditingkatkan. Peningkatan kualitas mahasiswa akan mampu mendukung pencapaian tujuan Program Studi.
  4. Sebagai sebuah program studi yang sangat berorientasi kepada keselarasan bagi pengguna lulusan, maka Program Studi Manajemen harus secara efektif menyesuaikan dengan setiap perkembangan kebutuhan pengguna lulusan. Untuk itu maka cara yang efektif adalah dengan bersama-sama para pelaku atau praktisi untuk mengembangkan program pengajaran. Pelibatan praktisi dalam proses pembelajaran akan membuat tujuan tersebut mampu terwujud.
  5. Untuk membuat Program Studi Manajemen menjadi Prodi pilihan, maka perlu dibangun suasana akademik yang menyenangkan. Suasana akademik yang menyenangkan akan menjadikan Prodi Manajemen tempat ideal bagi seluruh civitas akademika untuk belajar dan berkarya secara produktif.